Senin, 12 Desember 2016

Contoh Resensi Bahasa Indonesia

Tags



Judul : Diktat Dasar-Dasar Pencak Silat
Pengarang : Agung Nugroho A.M., M.Si.
Penerbit : Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta
Halaman : i-v, 73 halaman

Buku ini dapat digolongkan sebagai bacaan yang sangat bermanfaat bagi para mahasiswa fakultas ilmu keolahragaan pada umumnya dan para mahasiswa pendidikan kepelatihan olahraga kecabangan pencak silat pada khususnya. Kompetensi yang diharapkan dari buku in adalah memiliki kepribadain, dan kemampuan mengembangkan profesi keguruan dan kepelatihan. Dari membaca buku ini diarapkan mampu menerapkan prinsip-prinsip pembelajaran bela diri pencak silat, serta mampu menerapkan peraturan pertandingan pencak silat dalam kegiatan kemahasiswaan di lingkungan kampus.
Mengenai buku ini kita mendapatkan manfaat yaitu :
  1. Dapat menjelaskan pengertian tentang beladiri
  2. Dapat memahami dan menerapkan pembelajaran beladiri pencak silat terhadap siswa
  3. Dapat memahami dan memperahakan peraturan pertandingan pencak silat terhadap xdsiswwa
Dengan mempelajari bahan pelatihan yang terdapat pada buku ini, kita mendapatkan keuntungan :
  1. Dengan memiliki kepribadain, dan kemampuan mengembangkan profesi keguruan dan kepelatihan, guru dan pelatih dapat melakukan interaksi edukatif dengan siswa sehingga pembelajaran dapat berjalan lebih baik
  2. Dengan mengetahui dan memahami pengertian serta prinsip-prisip beladiri sebagai sarana untuk mencapai tujuan pendidikan, sehingga membantu para guru dan pelatih dalam memilih kegiatan untuk mengisi waktu liag yang sesuai dengan kebutuhan dan keiginan siswa
  3. Dengan memahami pengertian beladiri guru dan pelatih dapat menerapkan pembelajaran bela diri pencak silat sesuai dengan tingkat dan kebutuhan siswa.
  4. Dengan memahami peraturan pertandingan guru dan pelatih mampu mendampingi siswa dalam mengikuti pertandingan pencak silat sehingga membantu guru dan pelatih jasmani dalam proses pembelajaran yang berjalan dengan lancar sesuai dengan hasil yang diharapkan
Pada bab pertama berisi pendahuluan menjelaskan tentang kompetensi yang diharapkan, pentngnya mempeajari bahan pelatihan, manfaat serta prasyarat. Pada bab kedua akan dijelaskan tentang pembelajaran beladiri secara lengkap dan menyeluruh mulai dari pengertian beladiri pencak silat sampai dengan penerapan peraturan pertandingan pencak silat.
Buku setebal 73 halaman ini adalah sebagai bahan acuan utuk mahasiswa prodi PKO, IKORA, dan PJKR sebagai bahan untuk melatih maupun mengajar teri maupun praktik pencak silat. Materi ini berisikan dasar-dasar pembelaan pencak silat, pembelajaran pencak silat, serta peraturan pertandngan pencak silat. Buku ini ringan dan dapat dijadikan bacaan waktu senggang.
Bahasa yang digunakan komunikatif. Namun cover buku ini kurang menarik pembaca. Terlepas dari kekurangannya, buku ini patut dibaca olah berbagai kalangan. Bahkan dapat menjadi referensi pengetahuan pencak silat bagi siswa, mahasiswa, atau pelajar pada umunya.

Oleh : Dian Permatasari


EmoticonEmoticon